Rabu, 07 Oktober 2015

Profil Perusahaan Yang Bergerak Di Bidang IT

PROFIL DAN SEJARAH PT Indosat Tbk.

PT Indosat Tbk. (dahulu bernama PT Indonesian Satellite Corporation Tbk) didirikan sebagai perusahaan Penanaman Modal Asing (PMA) di bidang Teknologi Informasi khususnya dalam penyelenggaraan jasa telekomunikasi internasional di Indonesia pada tahun 1967 dan mulai beroperasi sejak tahun 1969.

-          Pada tahun 1980, Pemerintah Indonesia mengambil alih seluruh saham Indosat, sehingga sejak itu Indosat beroperasi sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bersifat monopoli untuk penyelenggaraan jasa telekomunikasi Internasional.

-          Pada tahun 1994, Indosat melakukan penjualan saham perdana (IPO) dengan mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Jakarta, Bursa Efek Surabaya, dan Bursa Efek New York (New York Stock Exchange – NYSE), menjadikan Indosat sebagai BUMN pertama yang sahamnya tercatat di pasar modal Indonesia dan Amerika Serikat atau dikenal dengan istilah ”Dual Listing”.

-          Memasuki abad ke-21 dan sesuai dengan trend di dunia, Pemerintah Indonesia melakukan deregulasi industri telekomunikasi nasional dengan membuka peluang terhadap persaingan pasar yang lebih bebas. Berdasarkan UU No.3 Tahun 1989 mengenai Telekomunikasi, secara bertahap hak eksklusivitas (monopoli) penyelenggaraan telekomunikasi internasional tersebut dihilangkan. Indosat segera menangkap peluang ini dengan mengembangkan bisnis selular, diawali pada melalui pendirian perusahaan operator selular yaitu PT Indosat Multi Media Mobile (IM3) pada tahun 2001, dan diikuti dengan akuisisi penuh PT Satelit Palapa Indonesia (Satelindo) di tahun 2002, menjadikan Indosat Group sebagai penyelenggara selular terbesar kedua di Indonesia.

-          Pada akhir tahun 2002, Pemerintah Indonesia melakukan divestasi saham Indosat yang dimilikinya sebesar 41,94% kepada Singapore Technologies Telemedia Pte. Ltd. melalui perusahaan holding Indonesia Communications Limited (ICL). Dengan demikian, status Indosat kembali menjadi perusahaan.

-          Pada bulan November tahun 2003, Indosat melakukan penggabungan usaha tiga anak perusahaannya (akuisisi) PT. Satelindo, PT. IM3, dan Bimagraha, sehingga menjadi salah satu operator Selular utama di Indonesia. Pada tanggal 1 Maret 2007 STT menjual kepemilikan saham Indosat sebesar 25 persen di Asia Holdings Pte. Ltd. Ke Qatar Telecom Q.S.C. (Qtel) secara tidak langsung melalui Indonesia Communiåtions Pte Ltd (ICLS) sebesar 40,81 persen, sementara Pemerintah Republik Indonesia dan Publik memiliki masing-masing 14,29 persen dan 44,90 persen. Di tahun 2009 Qtel memiliki 65 persen saham Indosat melalui tender offer (memiliki tambahan 24,19 persen saham seri B dari publik.).
.

 VISI DAN MISI

Visi
Menjadi pilihan utama pelanggan untuk seluruh kebutuhan informasi dan komunikasi
Misi
• Menyediakan dan mengembangkan produk, layanan dan solusi inovatif yang berkualitas untuk memberikan nilai lebih bagi para pelanggan.
• Meningkatkan shareholders value secara terus menerus.
• Mewujudkan kualitas kehidupan yang lebih baik bagi stakeholder.

SEKILAS MENGENAI PENCAPAIAN INDOSAT

Mentari dan IM3 memperoleh penghargaan ‘Top Brand Award’ untuk tiga tahun berturut-turut pada tahun 2008, 2009 dan 2010, sementara Matrix memperoleh penghargaan ‘Top Brand Award’ untuk tahun 2010. Pasar jasa telekomunikasi seluler di Indonesia memperlihatkan pertumbuhan signifikan dalam dasawarsa yang baru lalu. Dalam beberapa tahun terakhir ini, pertumbuhan tarif cenderung menurun seiring pasar yang mulai jenuh, namun demikian potensi pasar secara keseluruhan masih prospektif. Pasar masih berpotensi untuk tumbuh karena penetrasi seluler domestik masih relatif rendah dibandingkan negara-negara lain di kawasan ini, serta seiring dengan berlanjutnya modernisasi dan pertumbuhan ekonomi Indonesia. Di dalam pasar ini, Indosat semakin memperkokoh posisinya sebagai penyedia layanan telekomunikasi seluler terbesar kedua diukur dari jumlah pelanggan, yang tercatat mencapai 44,3 juta pelanggan (termasuk pelanggan wireless broadband) per tanggal 31 Desember 2010. Pendapatan jasa seluler mengkontribusikan 81,0% dari total pendapatan usaha konsolidasi Indosat pada tahun 2010.

JASA – JASA YANG DIBERIKAN INDOSAT

Indosat menyediakan rangkaian lengkap layanan seluler untuk suara dan data termasuk layanan wireless broadband. Layanan-layanan tersebut tersedia melalui produk-produk seluler Indosat baik produk prabayar Mentari dan IM3 maupun produk pascabayar Matrix, yang telah sangat populer di masing-masing segmen pasarnya yang berbeda. Produk Mentari, misalnya, ditujukan untuk pasar konsumen dewasa dengan menawarkan layanan jasa suara dengan tarif bersaing, sedangkan produk IM3 lebih ditujukan untuk pelanggan usia muda yang membutuhkan layanan suara, SMS dan data yang dipadukan secara atraktif. Sementara itu, produk Matrix diperuntukkan bagi pengguna jasa di lingkungan korporat maupun pelanggan konsumen individu kelas atas atau premium.

Pelanggan layanan seluler Indosat memperoleh akses pada rangkaian lengkap fitur dan layanan nilai tambah seperti SMS, MMS dan Voice, koneksi GPRS untuk mobile Internet, transfer data dan push e-mail (layanan BlackBerry), maupun fungsi-fungsi yang tersedia tanpa biaya tambahan seperti caller ID, call waiting dan call forwarding.

Pelanggan seluler Indosat juga dapat melakukan dan menerima panggilan telepon, SMS maupun koneksi data (GPRS/3G) ketika berada di luar negeri. Per 31 Desember 2010, pelanggan pasca bayar Indosat dapat menikmati fasilitas roaming internasional di 468 jaringan milik 336 mitra operator di 153 negara, sedangkan bagi pelanggan prabayar, fasilitas roaming internasional tersedia melalui 21 jaringan yang dioperasikan oleh 21 mitra operator di 17 negara.

Dalam tahun-tahun terakhir ini, pendapatan dari layanan SMS telah memberikan porsi signifikan terhadap pendapatan operasional dari layanan nilai tambah seluler dan fitur. Pada bulan Desember 2010, misalnya, Indosat mencatat rata-rata trafik SMS harian sekitar 516,0 juta SMS (belum termasuk layanan SMS nilai tambah yang umumnya terkait dengan program-program promosi oleh pemasang iklan maupun penyedia konten).

Layanan Broadband Nirkabel Seiring makin populernya layanan broadband nirkabel di Indonesia, Indosat menyediakan akses broadband nirkabel untuk perangkat kecil (Handheld Devices) melalui kartu Matrix, Mentari dan IM3. Sejak tahun 2009, pelanggan Mentari dan IM3 dapat menikmati layanan Broadbandon- Request yang kemudian mulai tahun 2010 juga tersedia bagi pelanggan Matrix, dengan pilihan paket harian, mingguan dan bulanan maupun paket unlimited. Kemudian, pada bulan April 2010, Indosat menjadi operator telekomunikasi pertama di Asia dan kedua di dunia yang meluncurkan layanan komersial akes Internet broadband dengan teknologi Dual Carrier (DC) HSPA+ yang menawarkan kecepatan downlink sampai dengan 42 Mbps dan uplink sampai dengan 5,8 Mbps. Layanan ini memanfaatkan lisensi carrier kedua (second carrier) yang diperoleh Indosat pada tahun 2009. Sampai dengan akhir tahun 2010, akses DC HSPA+ telah dapat dinikmati oleh pelanggan Indosat di Jakarta, Surabaya dan Medan.

TARGET DAN AKTIVITAS PEMASARAN

Indosat memasarkan produk dan layanan selulernya melalui pusat-pusat layanan terpadu dan layanan konsumen walk-in centers, baik yang dioperasikan oleh Indosat yaitu Galeri Indosat maupun yang dioperasikan oleh mitra distributor yaitu Griya Indosat. Pada akhir tahun 2010, tercatat beroperasi sebanyak 169 Galeri Indosat dan 60 Griya Indosat untuk melayani pelanggan di berbagai kota besar Indonesia di seluruh propinsi mulai dari Sumatra Utara sampai Papua. Selain itu, akses pada produk dan layanan Indosat juga dapat diperoleh melalui outlet KILAT (Kios Layanan dan Penjualan Indosat) yang dimiliki dan dioperasikan oleh mitra perorangan, dengan total 13 outlet di tahun 2010.

Pada tahun 2010, Indosat memperkenalkan e-Galeri, fasilitas mesin swalayan di lokasi-lokasi publik dimana pelanggan dapat melakukan isi ulang kartu, membeli kartu perdana, membayar tagihan pasca bayar, serta memperoleh informasi mengenai produk dan program promosi Indosat terkini. Konsep e-Galeri merupakan yang pertama di Indonesia dan ditujukan untuk memberikan lebih banyak kemudahan bagi pelanggan Indosat tanpa harus datang dan antri di Galeri Indosat atau Griya Indosat.
Meskipun jalur pemasaran langsung sangat berperan dalam mempromosikan citra produk Indosat di pasarnya, bagian terbesar dari pendapatan penjualan layanan seluler Indosat merupakan kontribusi dari jaringan dealer independen Indosat. Saat ini, Indosat bekerja sama dengan sekitar 52 dealer independen yang mengoperasikan jaringan distribusi mereka masing-masing di berbagai daerah di seluruh Indonesia, dan melayani penjualan produk, pelayanan pelanggan, pembayaran tagihan maupun informasi akan produk dan layanan Indosat, kepada konsumen individu. Pada tahun 2010, Indosat memperbarui strategi pengelolaan jaringan dealer melalui penyelarasan struktur komisi dealer. Pada sistem yang baru, persentase komisi untuk distributor dan pengecer ditentukan berdasarkan skala lamanya pelanggan aktif dalam jaringan Indosat, selain berdasarkan volume pemakaian. Sistem komisi yang baru tersebut telah terbukti efektif dalam menarik pelanggan yang lebih berkualitas, dan sekaligus mengoptimalkan biaya penjualan dan pemasaran.

Pada akhir tahun 2010, jumlah pelanggan layanan seluler Indosat (termasuk layanan broadband nirkabel) telah mencapai sekitar 44,3 juta pelanggan, dibandingkan posisi setahun sebelumnya dengan sekitar 33,0 juta pelanggan. Seiring keberhasilan Indosat dalam mengurangi jumlah pelanggan prabayar dari kategori perilaku ‘calling card’ di tahun 2009, penerapan strategi nilai-berimbang yang menawarkan nilai lebih tinggi dengan harga yang sepadan kepada pelanggan telah berhasil menarik sejumlah besar pelanggan baru di tahun 2010, diantaranya melalui program-program seperti ‘Meraih Mimpi Bersama IM3’, ‘MU24H itu IM3’ dan ‘Mentari 50’ Dengan strategi harga yang tepat, Indosat berhasil meningkatkan jumlah pelanggan seluler di tahun 2010. Pada saat yang sama, Indosat menyadari bahwa mempertahankan pelanggan yang telah ada sama pentingnya dengan memperoleh pelanggan baru. Untuk itu, pada tahun 2010 Indosat meluncurkan program loyalitas pelanggan ‘Senyum Setia Indosat’, yang menawarkan bonus SMS dan bicara gratis kepada pelanggan setia Mentari, IM3, Matrix dan StarOne Indosat berdasarkan lama berlangganan maupun volume penggunaan. Program Senyum Setia Indosat melengkapi berbagai inisiatif Indosat lainnya dalam rangka mempertahankan layanan yang berkualitas tinggi serta inovasi fitur produk dan layanan yang berkelanjutan, sehingga pelanggan yang puas akan tergerak untuk terus setia menggunakan produk dan jasa Indosat.

Sumber dan referensi :
 http://www.indosat.com/
 id.wikipedia.org/wiki/Indosat